Nongkrong di Kuala Lumpur

ins006020Kalau dihitung hitung, ternyata sudah lebih dari 3 bulan saya tinggal di Kuala Lumpur( KL) tepatnya di Jalan Lorong  P.Ramlee No.1 . Sampai2 saya jg sudah banyak hafal jalan2nya…Sebagai ibukota negara Malaysia ada beberapa hal yang saya lihat yang menjadi kelebihan kota ini dibanding Jakarta. Dan tentu saja Jakarta juga punya kelebihan dibanding kota Kuala Lumpur, namun sekarang saya mau menulis sedikit tentang ibukota negara serumpun kita ini. (Seandainya saja Jakarta bisa seperti KL…)

Seperti yang sering kita baca dikoran2,  anggota de pe er  kita  yang biasanya melancong ke negera-negara Eropa yang sangat jauh dan dengan kebudayaan yang jauh berbeda pula untuk meniru atau melihat atau istilah kerennya studi banding mengenai hal hal yang diharapkan berguna jika diterapkan di Indonesia, ternyata di Kuala lumpur saja kita belum bisa menyamainya. beberapa hal kecil antara lain: tempat sampah yang bersih, toilet umum yang bersih dan sangat terawat, petunjuk dan rambu jalan yang jelas dan mudah untuk diikuti, peraturan parkir yang jelas dan tegas, antara lain dengan menerapkan sistem denda, misal anda parkir sembarangan maka polisi cukup menyisipkan surat tilang didepan kaca mobil tanpa perlu berhubungan dengan pemilik mobil. Jalan menuju bandara udara yang lebar dan mempunyai banyak akses.

Beberapa kali bolak balik ke bandara, saya ga pernah sekalipun ketemu macet. Dijalan yang luas dan lebar itu bisa kita saksikan beberapa mobil yang berjalan kencang, mungkin dengan kecepatan lebih dari 160 km/jam. Kalau kondisi jalan lagi macet gak pernah kita dengar “orkestra klakson gratis” karena masing-masing pengemudi sudah punya kesadaran dan disiplin. Kendaraan angkutan umum juga selalu berhenti pada tempatnya. Lampu penerangan jalan yang 90% berfungsi dengan baik.

Banyaknya jalur hijau dan petugas kebersihan yang setiap hari membersihkan jalan2 membuat kota KL ini tidak begitu berdebu. Kondisi pusat kota yang bersih dan aman ini membuat banyak turis merasa betah untuk tinggal. Padahal objek wisata yang ada tidak kalah dengan Jakarta. Mungkin salah satu yang menjadi kendala adalah karena Jakarta mempunyai penduduk yang sangat bayak, namun bukankah justru disitu tantangannya ? 8)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: