Catatan Kecil Tentang Kesuksesan

successKalau orang yang sudah sukses berbicara hal yang biasa-biasa aja, hal itu bisa jadi pedoman dan pegangan bagi orang lain, tapi kalau orang yang tidak sukses berbicara tentang ide-ide hebat dan penting itu sering menjadi hal yang biasa-biasa bagi orang lain, bahkan bisa dianggap angin lalu.
Kenapa ?  tentu saja karena dia belum sukses. Saya sering membaca cerita sedih tentang orang yang sudah sukses saat sebelum dia mencapai kesuksesannya.

Dan cerita sedih ini akan lebih bangga diceritakan secara detil pada orang yang belum sukses karena bisa memberi semangat dan harapan untuk mencapai kesuksesan. Tapi saya percaya lebih banyak lagi cerita yang lebih sedih yang tak berani dituliskan karena mereka belum mencapai kesuksesan sehingga mereka akan malu dan akan dipersalahkan karena ketidaksuksesannya itu. Di Indonesia defenisi kesuksesan itu sering diartikan cukup singkat yaitu orang yang mempunyai banyak uang atau punya jabatan tinggi.

Meskipun orang telah mencapai apa yang dia inginkan dan menurutnya dia telah sukses mencapai tujuannya itu tapi kalau uangnya masih sedikit atau secara penampilan dia biasa-biasa aja itu belumlah sukses bagi pandangan orang kita pada umumnya. Semakin banyak uang semakin sukses.

Karena defenisi sukses itu dianggap begitu maka ada orang yang sukses secara instan dan ada yang bertahap. Kalau yang instan ini biasanya mereka-mereka yang mudah mendapatkan uang dari penyalahgunaan posisi dan jabatan mereka contohnya aparat negara yang korupsi. Karena mereka korupsi dan mempunyai banyak uang tetap saja mereka dianggap sukses dan itu membuatnya lebih percaya diri akan tindakannya itu.

Bagi yang bertahap,sukses ini benar-benar butuh perjuangan. Saya sudah menyaksikan sukses teman saya yang memang membutuhkan perjuangan,biasanya mereka ini lebih menghargai dan mensyukuri dalam kehidupannya…berbeda dengan sukses yang instan ataupun yang mudah didapat seperti memperoleh warisan atau kekayaan dari orangtuanya, biasanya mereka ini sering tidak puas dan kurang mensyukuri akan apa yang telah mereka dapatkan.

Tentu saja tidak semua orang begitu, tapi hal seperti itulah yang sering saya jumpai.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: