7 keajaiban dunia versi sendiri

7wondersSecara umum, 7 keajaiban dunia mempunyai 4 jenis, yaitu keajaiban dunia dari jaman kuno, keajaiban dari jaman/abad pertengahan, keajaiban yang berasal dari alam dan yang berasal dari dunia modern. Disini saya membuat daftar 7 keajaiban dari jaman kuno dan abad pertengahan versi saya sendiri. Mungkin berbeda dengan versi yg lain,  bagi saya 7 keajaiban dunia itu adalah bangunan yang hingga sekarang masih dapat dilihat dan dinikmati. Berikut daftar nya:

1. Borobudur
nullBorobudur ialah kuil atau candi agama Buddha yang terletak di desa Boro , Kabupaten Magelang, Yogyakarya, Jawa Tengah, Indonesia. Borobudur terletak kira-kira 100 km di barat daya Semarang dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Luasnya 2500 km persegi.Borobudur adalah stupa Buddha mazhab Mahayana, dan monumen Buddha terbesar di dunia. Ia dibina antara tahun 750 dan 850 masehi oleh pemerintah Jawa Dinasti Sailendra dan Sanjaya.1950 Sejarawan J.G. de Casparis kajian Ph.D beliau menyatakan Borobudur adalah tempat pemujaan. Dengan analogi prasasti Karangtengah dan Kahulunan , Borobudur dibina oleh raja dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga sekitar 824. Candi raksasa hanya siap 50 tahun kemudian ketika puterinya Ratu Pramodhawardhani memerintah . Kuil Borobudur dibina atas tanah bukit hanya setinggi 265 meter dari dasar laut dan 15 meter tinggi.Jika Mesir berbangga dengan piramid dan Sphinx, China dengan Tembok Besar , Kemboja dengan Angkor Wat maka warga Indonesia berbangga dengan Borobudur. Untuk cerita lebih lengkap bisa anda klik disini. 8)

2. Tembok Raksasa di China

Tembok Besar China atau Tembok Raksasa China, juga dikenal di China (Tiongkok) dengan nama Tembok Raksasa Sepanjang 10.000 Li, merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat oleh manusia, terletak di Republik Rakyat Tiongkok.Panjangnya adalah 6.350 kilometer dan tingginya 8 meter. Lebar bagian atasnya 5 m, sedangkan lebar bagian bawahnya 8 m. Setiap 180-270 m dibuat semacam menara pengintai. Tinggi menara pengintai tersebut 11-12 m.Untuk membuat tembok raksasa ini, diperlukan waktu ratusan tahun di zaman berbagai kaisar. Konon, ribuan orang tewas dalam proses pembuatannya.

3. Piramid Chichén Itzá Yucatan Peninsula, Mexico
null

Merupakan kuil suku maya paling terkenal, sebagai pusat politik dan ekonomi dari peradabam suku maya, macam macam strukturnya yang berbeda, diantaranya, the pyramid of Kukulkan, the Temple of Chac Mool, the Hall of the Thousand Pillars, and the Playing Field of the Prisoners, masih bisa di lihat sampai sekarang. piramid sendiri tersebut merupakan piramid terakhir dan paling luar biasa yang ada dari semua piramid suku maya

4 Machu Picchu

Di abad 15 Kaisar Inka Pachacutec membangun sebuah kota di awan di atas gunung yang dikenal dengan Machu Picchu. Namun seratus tahun kemudian kota ini ditinggalkan  ketika bangsa Spanyol berhasil menaklukan Kerajaan Inka. Situs ini sempat terlupakan oleh dunia internasional, tetapi tidak oleh masyarakat lokal. Situs ini kembali ditemukan oleh arkeolog dari universitas Yale Hiram Bingham III yang menemukannya kembali pada tahun1911. Sejak itu, Machu Picchu menjadi objek wisata yang menarik bagi para turis lokal maupun asing.Machu Picchu dibangun dengan gaya Inka kuno dengan batu tembok berpelitur. Bangunan utamanya adalah Intihuatana, Kuil Matahari, dan Ruangan Tiga Jendela. Tempat-tempat ini disebut sebagai Distrik Sakral dari Machu Picchu.

5. Piramid Giza di Mesir

Piramid Giza (2600 – 2500 sebelum Masehi) adalah piramid tertua dan satu2nya yang masih ada, merupakan saksi dari kesempurnaan seni dan disain yang pernah dicapai. Dibangun dengan perencanaan dan teknik yang murni untuk melayani dewa-dewa yang agung.Namun demikian, berabad abad piramida sering digunakan sebagai sasaran penjarahan dan perampok makam karena para raja-raja membawa harta kekayaannya dan segala macam artefak guna di alam baka, sekalipun diberi perlindungan dengan semacam kutukan-kutukan untuk mencegahnya. Sehingga pada masa raja-raja mesir kuno berikutnya, makam raja-raja dan para bangsawan ditempatkan pada lembah yang tersembunyi seperti halnya makam Raja Tutankhamun yang ditemukan secara utuh dan lengkap.

6. Candi Angkor Kamboja

Angkor merupakan candi yang paling penting di Timur Selatan Kekaisaran Khmer dan merupakan kuil sakral paling besar di dunia. Dibangun pada saat pemerintahan Raja Suryavaman pada awal abad 12. Candi ini terkenal akan hiasannya yang rumit dan mengesankan keindahan. Tempat suci Angor Wat ini pernah diperkirakan sudah hancur, saat komunis berkuasa di Kamboja. Tetapi rupanya komplek tempat suci yang besar ini masih selamat, meskipun banyak rakyat Kamboja dibantai oleh komunis.

7. Petra di Jordan

Petra adalah ibu kota kekaisaran Nabataean Raja Aretas IV (tahun 9 SM – 40 M). Keahlian mereka pada teknik pengairan dengan membuat konstruksi terowongan dan kamar besar untuk persediaan air benar2 mengagumkan.Tersembunyi di balik tebing-tebing batu yang tinggi, Petra menampilkan pemandangan yang luar biasa indahnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: