Alkoholik

images2Tulisan ini dibuat sesuai permintaan teman saya yang saat ini katanya ingin berusaha mengurangin ketergantungannya dari alkohol. Tulisan ini juga mudah-mudahan bisa berguna bagi anda yang saat ini masih dibelenggu oleh kebiasaan minum beralkohol. Minuman apapun yang mengandung alkohol tentu saja bisa membuat kecanduan. Anda mungkin telah mencoba menghentikan kebiasaan itu tapi tidak berhasil atau sama sekali belum mencobanya. Anda mungkin sudah berkata: Saya harus berhenti minum dan tidak minum lagi, namun tekanan menghadapi persoalan hidup tanpa minum rasanya suatu yang mustahil klo dilakukan. Menurut Alcoholics Anonymous World Services, Inc (www.aa.org) terdapat 12 langkah untuk lepas dari ketergantungan pada alkohol yaitu:

1.Saya mengaku bahwa saya tak berdaya terhadap alkohol; bahwa hidup saya sudah menjadi tak terkendalikan.
2.Menjadi percaya bahwa suatu Kuasa yang lebih besar dari saya dapat menjadikan saya waras kembali.
3.Memutuskan untuk menyerahkan kemauan saya dan hidup saya ke dalam pemeliharaan Tuhan sebagaimana saya memahami Dia.
4.Membuat inventaris moral yang cermat dan tak segan-segan dari diri saya.
5.Mengaku kepada Tuhan, kepada saya sendiri, dan kepada orang ketiga sifat sebenarnya dari pelanggaran-pelanggaran saya.
6.Bersedia sepenuhnya supaya Tuhan menghilangkan semua cacat watak saya.
7.Dengan rendah hati memohon Dia untuk melenyapkan kekurangan kekurangan saya.
8.Membuat daftar dari semua orang yang telah saya rugikan dan menjadi bersedia untuk berbaikan dengan mereka semua.
9.Langsung berbaikan dengan orang-orang dimana mungkin, kecuali kalau hal itu akan melukai mereka atau orang lain.
10.Melanjutkan membuat inventaris pribadi dan kalau saya salah langsung mengakuinya.
11.Berusaha melalui doa dan renungan secara sadar memperbaiki hubungan dengan Tuhan sebagaimana saya memahami Dia sambil berdoa untuk mendapat pengetahuan akan kehendakNya bagi saya serta kekuatan untuk melaksanakan itu.
12.Setelah mengalami kebangkitan rohani karena langkah-langkah ini, saya mencoba meneruskan pesan ini kepada pecandu-pecandu minuman keras dan mempraktekkan prinsip-prinsip ini dalam segala urusan saya.

Dalam buku “The Man Within” (Renungan Sehari hari untuk pria dalam pemulihan) karangan Brian Newman,Ted Scheuermann, Larry Stephens dan Bob Dyer menuliskan: bahwa pria yang selama bertahun-tahun bergumul dengan kecanduan menyatakan bahwa mereka tidak pernah berhasil lepas dari kemabukan secara berarti karena mereka tidak pernah “menyerahkannya”. Menyerahkannya mengacu pada langkah 3 dari 12 langkah diatas yang mengarah pada akar benteng paling mendalam manusia yakni kemauan. Bagi pribadi yang kecanduan, menyerahkan kemauannya sama saja dengan meminta dia menyerahkan hidupnya. Menyerahkan kemauan pada Tuhan dalam hal kecanduan merupakan pengalaman sulit dan mengubah hidup.

Namun demikian gagal berbuat demikian berarti menyerahkan diri pada kuasa yang jahat dan merusak yang pada akhirnya membawa kematian. Kadang-kadang yang diperlukan seorang pria adalah pria lain sebagai teman bicara, pria lain yang bersedia ikut menanggung beban selama dia menempuh jalan menuju pemulihan. Pemulihan tidak terjadi dalam satu malam, proses ini terjadi selangkah demi selangkah, sehari demi hari. Ia dimulai kalau kita sadar bahwa kita tidak boleh bertumpu pada kekuatan sendiri, tetapi juga pada kekuatan Tuhan.

Berikut tips apa yang harus dilakukan pada hari pertama anda tanpa minum: (sumber cbn.com) :

1. Tampillah bersih, berpakaian rapih.
2. Cobalah untuk makan yang cukup baik.
3. Jangan membesar-besarkan ketidaksenangan.
4. Hindari argumen dan konflik lainnya.
5. Lakukan apapun yang Anda dapat lakukan dengan mudah.
6. Hadapi situasi sosial dengan realistik.
7. Jauhkan diri dari kawan-kawan peminum.
8. Anda tahu Anda tidak sendiri. Banyak orang ingin melalui hari bersama Anda.
9. Jangan habiskan waktu menguatirkan tentang apakah apakah Anda akan tidur malam ini.

Tips untuk menghadapi hari-hari berikutnya :

1. Ingatlah bahwa Tuhan mengasihi Anda. Dosa tidak punya klaim atas diri Anda.
2. Bersiap untuk menolak minum kembali.
3. Jangan rasionalisasikan bahwa : (a) Saya perlu minum untuk tetap sadar atau (b) waktu yang buruk adalah untuk disalahkan ketika Anda makan terlalu sedikit atau dikuasai keletihan.
4. Tegaskan kembali : “Saya tidak akan minum lagi hari ini!”.
5. Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.
6. Hubungi pemimpin rohani dan mintalah doa dan pertolongan lainnya sewaktu Anda membutuhkannya.

Tuhan mempunyai kasih yang besar bagi Anda. Mintalah Dia memimpin hidup Anda, pada orang percaya lain yang Tuhan berikan pada Anda dengan suatu kasih dan menaruh perhatian pada Anda dan orang lainnya yang juga mempunyai masalah yang sama.
Semoga berhasil. 8)

Leave a Reply

